Senin, 07 September 2015

Selamat Hari Pelanggan Nasional



Ketika itu Handi Irawan menginginkan setiap perusahaan dan setiap pebisnis di Indonesia mengutamakan pelanggan. Beberapa perusahaan memang memandang remeh pelanggan yang tentunya membuat pelayanan atau kualitas produk yang dihasilkan menjadi kurang maksimal.
Akhirnya pada 4 September, Presiden Republik Indonesia pada saat itu yaitu Megawati Soekarnoputri meresmikan setiap tanggal 4 September merupakan Hari Pelanggan Nasional. Hari Pelanggan Nasional bukan hanya sekedar hari-hari biasa, tetapi ini mengingatkan kita sebagai pebisnis untuk mengingat bahwa slogan kepuasaan pelanggan adalah faktor utama dalam sebuah bisnis.
Kenapa ada Hari Pelanggan Nasional
Banyak pebisnis memang mementingkan hasil atau keuntungan daripada proses. Bahkan ada pebisnis yang memang menghalalkan segala cara untuk meraih keuntungan yang berlipat. Karena mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan keuntungan itulah, mereka lupa bahwa sebenarnya yang mereka cari adalah kepuasaan pelanggan.
Padahal seharusnya, kepuasaan pelanggan harus menjadi yang nomor satu di setiap moto perusahaan. Karena kepuasaan pelanggan merupakan faktor pendukung dari pelayanan yang bagus, produk yang baik serta keuntungan yang berlipat. Semua faktor tersebut akan saling berkaitan, dan faktor utama adalah kepuasaan pelanggan.
Apa yang bisa Anda lakukan di Hari Pelanggan Nasional
Jika Anda menyadari sejak lama bahwa setiap tanggal 4 September adalah Hari Pelanggan Nasional, Anda akan melihat beberapa perusahaan memberikan layanan lebih kepada para pelanggan. Seperti yang dilakukan oleh Pertamina siang tadi (4/9), mereka membagikan 70 paket oli di Bunderan HI, Jakarta.
Berbeda lagi dengan asuransi AXA, salah satu asuransi besar di Indonesia pada Hari Pelanggan Nasional tahun lalu membuat terobosan unik. Mereka mendesain Customer Care AXE secara unik dan mereka memberikan slogan “Putting Customer First”.
KALBE, salah satu perusahaan obat terbesar di Indonesia membuat lucky draw pada Hari Pelanggan Nasional pada tahun 2013. KALBE memberikan hadiah khusus pada ketiga konsumen setianya. Selain itu mereka juga mengedepankan bagaimana pentingnya menghargai para konsumen.

Hari Pelanggan Nasional ini seakan menjadi cambuk kepada para pebisnis agar selalu ingat, bahwa sebenarnya kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Bagaimana dengan bisnis Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar