Senin, 07 September 2015

Sejarah Hari Pelanggan Nasional

penyedia jasa servis seekmi

Pada tanggal 4 September mendatang, akan diperingati Hari Pelanggan Nasional. Adalah Handi Irawan seorang pengusaha dari Solo yang menginisiasi Hari Pelanggan Nasional setiap tanggal 4 September. Kenapa harus ada hari pelanggan? Apa sebenarnya keistimewaan pelanggan?
Seperti yang kita ketahui di dunia bisnis, pelanggan adalah raja. Bisnis tidak akan berjalan ketika tidak ada pelanggan, bahkan bisnis tersebut bisa mati ketika benar-benar tidak ada pelanggan. Walaupun demikian, masih saja banyak perusahaan yang tidak mengetahui bagaimana sebenarnya keistimewaan pelanggan. Bahkan ada beberapa perusahaan yang sangat tidak menghargai pelanggan.

sejarah-hari-pelanggan-nasional
sejarah-hari-pelanggan-nasional
Itulah kenapa, seorang Handi Irawan mencanangkan setiap tanggal 4 September sebagai Hari Pelanggan Nasional. Diresmikan pada tahun 2003 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri, kini setiap 4 September setiap perusahaan atau bisnis di Indonesia harus turut memperingatinya. Harian Bisnis Indonesia pun memberikan sebutan Handi Irawan sebagai Bapak Kepuasan Pelanggan.
Kenapa pelanggan harus diutamakan
1

Inti dari melakukan biisnis atau usaha sebenarnya bukan mencari keuntungan, tetapi bagaimana pelanggan Anda terpuaskan. Entah dengan hasil usaha Anda atau layanan Anda. Bayangkan Anda mempunyai barang yang sangat bagus dari hasil usaha tersebut. Tetapi para pelanggan Anda tidak puas karena pelayanan Anda buruk.
Ada lagi contoh, Anda mempunyai pelayanan yang sangat baik. Tetapi barang atau jasa yang Anda hasilkan kurang maksimal. Para pelanggan pun akhirnya kecewa dengan kualitas barang atau jasa Anda.


Kepuasan pelanggan adalah nomor 1
sejarah-hari-pelanggan-nasional
sejarah-hari-pelanggan-nasional
Beberapa perusahaan kelas dunia yang sudah mempunyai puluhan ribu karyawan pasti menomorsatukan para pelanggannya. Kualitas serta pelayanan harus nomor 1. Itulah kenapa perusahaan kelas dunia ini mempunyai banyak keuntungan, karena para pelanggan terpuaskan.
Itulah mengapa Handi Irawan ingin mencanangkan setiap tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional. Agar para perusahaan yang ada di Indonesia ini mengatahui dan tidak melenceng dari tujuan bisnis awal yaitu memuaskan pelanggan.
Dikutip dari website haripelanggan.com, hari pelanggan ini bukan milik frontier, perusahaan swasta maupun BUMN, melainkan milik nasional. Memahami pelanggan sebagai jiwa bagi perusahaan adalah hal yang harus segera dilakukan oleh semua perusahaan yang ada di Indonesia.


source : https://seekmiblog.wordpress.com/2015/09/04/sejarah-hari-pelanggan-nasional/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar